Wednesday, March 09, 2005

The X-Files: Book of the Unexplained

What’s your favourite all-time movies, or TV series? We all must have at least one, musn’t we? Pastinya kita ingat, saat jaman-jaman TK atau SD dulu, hampir tiap hari, bagi yang tinggal di Jakarta, biasa menyaksikan film-film Jepang, atau yang saat ini dikenal dengan tokusatsu (film eksyen orang) atau anime (film kartun). Goggle Five, Gaban, Sharivan, Voltus Lima, God Sigma, Megaloman, Kamen Rider, Lion Maru, dan lain-lain. Ada pula Candy-candy, Lulu, dan semacamnya. Itu di video, bagi yang memiliki video player. Atau masa-masa TVRI dulu, Setidaknya ada Si Unyil, Scooby Doo, Pacman, Centurions, dan beberapa yang sudah kulupakan. Memasuki masa TV swasta pertama di Indonesia, yakni RCTI, yang masih marus memakai dekoder waktu itu, ada Ninja Si Bayang Merah, Thunder Cats, The Chipmunks. Akhirnya… era TV swasta mengudara gratis pun tiba. Kita semua masih bisa menyaksikan Doraemon setiap Ahad pagi hingga saat ini. Kemudian siapa sih yang tak kenal dengan MacGyver, Airwolf, Knight Rider, My Secret Identity, Growing Pains, sampai Star Trek The Next Generation, The Flash, dan Time Trax. Sampai… saat ini, ketika TV swasta yang mengudara senantiasa bertambah hampir setiap tahun.

Jika ditanya apa serial TV favoritku? Aku akan menjawab, salah satunya adalah The X-Files. Aku menonton film ini sejak episode perdananya di SCTV ketika masih kelas 2 SMP waktu itu, sekitar tahun 1994. Kemudian sempat henti tayang setiap pergantian season, sampai akhirnya episode ini berakhir pada season kesembilannya, aku hampir menyaksikan semua episodenya.

Tahun 1997, saat SMA, aku menemukan buku “The X-Files: Book of The Unexplained” karangan Jane Goldman, buku jilid kesatu dan kedua, diterbitkan oleh Simon and Schuster. Waktu itu belum krismon, jadi buku yang tebalnya ratusan halaman ini masih bisa kubeli dengan harga tidak lebih dari 40 ribu rupiah. Buku ini menerangkan latar belakang cerita-cerita dalam episode The X-Files season 1 sampai 3, dengan penjelasan ilmiahnya. Mulai dari UFO, fenomena-fenomena tak terjelaskan, sampai catatan-catatan Scully dan Mulder yang sering dinarasikan dalam episode-episode filmnya. Foto-foto dari film-nya juga ada.

Kini, 11 tahun setelah aku pertama kali mengenal serial TV ini, koleksi DVD-nya sudah mulai bisa didapatkan di Indonesia. Sebagai orang yang sayang mengeluarkan isi kocek hanya untuk membeli hal-hal semacam ini, misalnya DVD original, aku hanya membeli DVD bajakannya saja. Sayangnya aku baru bisa menemukan season 1, itupun tidak lengkap 24 episode, hanya 21 episode saja. Dengan semua feature yang tidak ada! Ngeselin sih.. Tapi tidak apa-apa, setidaknya bisa sedikit bernostalgia dengan masa muda, sambil mencocokannya dengan isi buku.

Jadi… ada yang punya koleksi lengkap DVD The X-Files season 1 sampai 9? Boleh pinjam? Karena kata temanku ada di Mangga Dua, itupun DVD 9 dengan harga lebih mahal dibandingkan bajakan biasa.

Anyone? :)

Image hosted by Photobucket.com

No comments:

Vitamin Penambah Nafsu Makan

“Dok, anak saya susah makan. Ada vitamin penambah nafsu makan buat anak saya?” Ini adalah pertanyaan yang (sejujurnya) saya hindari. Kenapa?...