Wajarkah Bercak Merah yang Kadang Dijumpai di Popok Bayi?

Pernah menjumpai bercak kemerahan, cenderung berwarna oranye (merah-)?bata) di popok bayi Anda? Bahkan muncul berulang kali! 😱 Normalkah hal ini? Darah? Atau infeksi saluran kemih (ISK)? (sekarang sedikit2 ISK, sedikit2 ISK 😓). Mayoritas kondisi ini ternyata masih wajar. Yaitu adanya urate crystal (kristal urat) di dalam air seni (urin) bayi, dan ketika bersentuhan dengan diaper, terjadilah reaksi kimia yang membuat munculnya warna oranye/merah bata (brick strain). Kondisi ini memang cukup sering terjadi pada bayi baru lahir (newborn), khususnya pada beberapa minggu pertama, ketika konsentrasi urin bayi masih cukup pekat, ditambah produksi ASI yang masih sedikit, sehingga bayi relatif “dehidrasi”, menambah pekatnya warna urin.


Kondisi ini bisa baru muncul, atau muncul kembali beberapa bulan sesudahnya. Tentunya masih dalam usia bayi. Salah satu metabolit tubuh adalah asam urat, dan ketika disaring di ginjal, maka Urin yang mengandung asam urat (dalam bentuk kristal) sangatlah wajar. Kondisi relatif dehidrasi (tidak dehidrasi sebenarnya) bisa membuat kristal urat mengendap di diaper. Dan tentunya ini bukanlah darah, dan bukan ciri ISK.


Tetapi apabila bercak kemerahan/oranye sering muncul, dan membuat khawatir orangtua, apalagi ditambah bayi yang tidak tampak nyaman saat berkemih, maka periksakan saja urin bayi ke laboratorium, atau konsultasikan terlebih dulu ke dokter anak. Pastikan apakah memang sekedar kristal urat yang masih mungkin wajar, atau ada kondisi lain berupa jenis kristal lain, atau bahkan sel darah merah (eritrosit) dan/atau ISK (didapatkan banyak leukosit dalam hitung jenis, dan dikonfirmasi dengan pemeriksaan kultur/biakan urin). 


Silakan baca baca lebih lanjut di artikel populer di website AAP @healthychildrenaap , @drgreene , @medscape 
#kristalurat #uratecrystal #diaper#infant #bayi 
Seputar bayi baru lahir bisa dibaca di buku #BertemanDenganDemam. Pemesanan ke Admin buku di Whatsapp 081315453731


Comments

Popular posts from this blog

Sariawan itu obatnya apa? Nistatin? Emangnya #sariawan itu penyakit akibat infeksi #jamur? Kan nistatin obat jamur. Bener nggak sih?

Selamat Merokok!

Demam lebih dari 3 hari harus diperiksakan ke laboratorium?