Saturday, March 19, 2016

Anak sedang batuk-pilek tidak boleh minum es?

Anak lagi demam-batuk-pilek alias selesma nggak boleh minum es? Benerr?? Kata siapa?
Bayangin aja... Anak umur 3 tahun lagi demam. Ingusnya meler. Batuk grok-g...rok. Tapi nggak sesak kok. Makan susah. Kayanya mulutnya pahit. Masuk makanan "hoekk". Disuruh minum air putih nggak mau. Pas ditanya, "Mau es krim?" Langsung matanya berbinar-binar. "Mau, mau," gitu katanya.
Di tempat lain. Anak umur 4 tahun. Batuk, sakit menelan, dan ada sariawan beberapa buah di lidah dan langit-langitnya. Masuk makanan dikit bilang perih. Minum air hangat nggak enak. Pas ke dokter, disuruh makan es krim dan minum air dingin. "Kan enak, Bu. Adem gitu. Coba Ibu lagi sariawan dan disuruh makan es krim. Enak kan??" gitu kata Pak Dokter.
Ini faktanya:
- Common cold alias selesma, lalu influenza (flu), sama-sama disebabkan oleh infeksi virus. Berarti bukan gara-gara minum es atau makan gorengan, kan? smile emoticon
- Anak sakit flu dan CC butuh banyak asupan cairan. Kalau dengan makan es krim dan minum dingin, dia dapat banyak asupan cairan, kenapa tidak? Bagus dong. Justru menghindari dehidrasi. Demam kan meningkatkan risiko dehidrasi.
- Nanti "radang" dong tenggorokannya karena minum air es? Hehe, kata siapa? Anaknya punya alergi minuman/makanan dingin? Ketika mengonsumsi jenis makan/minuman tersebut timbul reaksi tidak nyaman? Kalau tidak ada, ya mengapa khawatir? smile emoticon
Lagi-lagi, penyebab sakitnya kan infeksi.
Ada yang mau menambahkan?

1 comment:

Devy Christianna said...

Nah dok, kl pilek biasa, trus dikasih es yg manis2 gt, malemnya anak saya malah buntu ngga bisa napas, akhirnya malah rewel... emang bener dok masih boleh minum es kl pilek? Bukannya buat si kecil makin ga nyaman pileknya?