Sunday, January 24, 2021

Vaksin Bikin Autis?

Hoax lama bersemi kembali.

Pesan berantai “Vaksin Penyebab Autis” ini berulang kali muncul. Membaca sekilas pesannya, ternyata sama persis dengan “broadcast” bertahun-tahun lalu yang sudah saya tanggapi. Ternyata pesan dengan narasi hoaks ini terus berputar-putar di masyarakat, dan selalu ada yang baru pertama kali membacanya. Diawali dengan kalimat “Buat para Pasangan MUDA. Oom dan Tante yg punya keponakan... atau bahkan calon ibu ... perlu nih dibaca ttg autisme..“ Bla bla bla dst. Benarkah pesan yang terkandung di dalamnya? Singkat saja tanggapan saya: tidak benar. Vaksin tidak menyebabkan autisme. Tidak ada hubungan antara vaksin MR/MMR dengan autisme. Silakan geser semua gambar di feed ini agar lebih jelas. Karena terlalu banyak kalimat tanggapan saya, maka semua sudah terangkum di buku saya yang insya Allah akan tersedia pekan depan “Yakin Dengan Vaksin dan Imunisasi?”. 
@tirtoid juga sudah merangkum tanggapan saya dalam bentuk infografis menarik.
Mari cerdaskan diri dari banyaknya hoax tekait #vaksin dan #imunisasi.









Pemesanan buku "Yakin dengan Vaksin dan Imunisasi?" ke Admin buku di Whatsapp 081315453731.

No comments:

Vitamin Penambah Nafsu Makan

“Dok, anak saya susah makan. Ada vitamin penambah nafsu makan buat anak saya?” Ini adalah pertanyaan yang (sejujurnya) saya hindari. Kenapa?...