Tuesday, October 17, 2017

Bayi baru lahir sudah ada giginya, normalkah?

"Anak saya baru berusia 2 bulan, namun sudah tumbuh 4 gigi. Menurut teman-teman saya, hal ini dikarenakan anak saya kelebihan kalsium. Benarkah demikian?"

Kondisi ini namanya neonatal teeth, yaitu gigi yang sudah tumbuh sejak usia 1 bulan (saat lahir, belum tampak giginya). Bedakan dengan natal teeth, yaitu gigi sudah tumbuh sejak bayi lahir. Keadaan ini sangat jarang terjadi, karena umumnya gigi pertama tumbuh saat bayi berusia 6-12 bulan. Baik natal maupun neonatal teeth biasanya tidak memiliki akar gigi yang kokoh, sehingga dikhawatirkan mudah tanggal dengan sendirinya dan berisiko masuk ke dalam saluran napas bayi tanpa disadari. Kadang-kadang ibu juga mengalami masalah saat menyusui bayinya, karena bayi cenderung menggigit puting payudara ibu dan melukainya, atau gigi bayi menggesek lidahnya sendiri. Dokter gigi sering menyarankan untuk mencabut gigi bayi sesegera mungkin, untuk menghindari risiko-risiko yang sudah disebutkan. Kondisi ini juga tidak berhubungan dengan kelebihan konsumsi kalsium ibu saat hamil atau menyusui. Konsultasikan ke dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak (Sp.KGA) untuk masalah serupa.

No comments:

Vitamin Penambah Nafsu Makan

“Dok, anak saya susah makan. Ada vitamin penambah nafsu makan buat anak saya?” Ini adalah pertanyaan yang (sejujurnya) saya hindari. Kenapa?...