Happy Breastfeeding Day!

A picture is worth a thousand words. Mungkin ini istilah yang tepat untuk gambar ini. Dalam pekan menyusui dunia alias #worldbreastfeedingweek2019 kali ini, kita semua diingatkan kembali untuk sepakat bahwa ASI adalah yang terbaik untuk bayi. Bahkan untuk sang ibu juga. Pemberian #ASIsecara eksklusif selama 6 bulan pertama, dilanjutkan dengan meneruskan ASI dan menambahkan #MPASI, tidak hanya memberikan manfaat bagi bayinya, tetapi juga bagi ibunya. Lalu bagaimana apabila tidak dapat memberikan ASI, dan harus memberikan susu formula?

Mengutip dari kawan saya seorang dokter obgyn, Dyah Mustikaning Pitha Prawesti, tempat saya pertama melihat foto ini, beliau mengingatkan “happy-healthy-well fed baby”. Ya, bayi harus sehat, mendapatkan nutrisi cukup, dan bahagia! Kita semua sudah paham dan sepakat pentingnya ASI, dan kita pun paham bahwa tiap ibu dan bayinya adalah unik. Tidak ada yang sama antara satu dengan lainnya. Tapi satu hal yang pasti disepakati semua adalah: SEMUA ibu pasti menginginkan dan BERUSAHA yang terbaik bagi bayinya. Dan satu hal yang SAMA berlaku bagi semua bayi adalah: mereka akan tumbuh baik apabila diberi NUTRISI yang tepat. Being fed properly. Appropriately. Jadi, “stop judging others!” Tidak perlu merasa “baper” ๐Ÿ˜‰, bahkan melakukan “mom-shaming”. Ketika ada yang harus mendapatkan suplementasi atau bahkan substitusi berupa susu formula, tentunya sudah dengan pertimbangan matang dan mencari keputusan terbaik bagi tumbuh-kembang bayinya. Dengan sudah berusaha terlebih dulu memberikan ASI, dan tetap memantau pertumbuhan bayi dengan baik di grafik pertumbuhan alias #growthchart. Deteksi dini gagal tumbuh, dan analisis penyebabnya! Pengetahuan menyusui harus sudah dibekali bahkan sejak sebelum hamil. Atau ada juga yang mengalami kasus bingung puting dengan berbagai sebab, lalu mencoba relaktasi dengan supplemental nursing system menggunakan bantuan tube-feeding. Ada juga bayi-bayi dengan kondisi kesehatan khusus yang sejak awal bahkan harus menggunakan selang/sonde lambung ini. Tetapi tetap semua berusaha memberikan yang terbaik bagi bayinya: mencapai tumbuh kembang optimal, dan terhindar dari gagal tumbuh.

Happy feeding Moms and Babies! 

๐Ÿ˜Š
Photo credit: Felicia Saunders Photography

Comments

Popular posts from this blog

Sariawan itu obatnya apa? Nistatin? Emangnya #sariawan itu penyakit akibat infeksi #jamur? Kan nistatin obat jamur. Bener nggak sih?

Selamat Merokok!

Demam lebih dari 3 hari harus diperiksakan ke laboratorium?