Perjuangan menyikat gigi anak πŸ˜…

di ambil dari parentingiseasy.id
Menyikat gigi anak balita adalah perjuangan! 😁 Susah ya? Musti “berantem”, anaknya nggak mau buka mulut, kadang digigit aja sikatnya, dan perlu nggak sih pakai pasta gigi? Padahal kalau jarang disikat giginya, nanti timbul #karies, lalu jadi lubang. Tahu kam rasanya sakit #gigi? Apalagi kalau anak jadi susah makan karena #sakitgigi. Makin kurus aja tu badan. Bahkan ada juga yang sudah rajin sikat gigi, tapi teteepp aja jadi karies. Boleh tidak anak dipaksa untuk sikat gigi?

Prinsipnya: tanamkan kepada anak bahwa sikat gigi adalah keharusan, sejak sedini mungkin. Pahamkan manfaatnya kepada mereka. Apa risikonya kalau gigi tidak terawat. Tentunya pemahaman ini mungkin bisa ditanamkan pada usia setelah 2 tahunan, ketika mereka paham. Maka sejak bayi, ketika gigi sudah mulai tumbuh, sikat lah gigi bayi dan batita Anda secara rutin. Agar mereka paham kebiasaan ini. Lalu biasakan mereka melihat orangtuanya menyikat gigi, agar role model ini memudahkan mereka mau menyikat gigi, dan tidak harus dipaksa nantinya.

Apa prinsip penting menyikat gigi? Bersih. Ya, harus bersih. Karies harus dicegah. Makanya anak di bawah 7 tahun harus didampingi agar yakin bersih disikat giginya. Meskipun mereka merasa yakin sudah mampu menyikatnya. Pasta gigi juga tidak perlu diberikan pada usia di bawah 2 tahun. Kalau belum bisa berkumur atau meludahkan pasta, maka tidak perlu pakai pasta gigi. Cukup sikat sebersih mungkin. Dan jangan lupa, kebiasaan pakai botol dot merugikan dan meningkatkan risiko karies. Maka tak perlu sebenarnya mengenalkan botol dot.

Semangat! Semoga berhasil!
.
Seputar gigi anak juga dibahas di buku #MakanTepatTumbuhSehat
di ambil dari parentingiseasy.id

di ambil dari Dental Health Foundation, Ireland

di ambil dari Dental Health Foundation, Ireland

Comments

Popular posts from this blog

Sariawan itu obatnya apa? Nistatin? Emangnya #sariawan itu penyakit akibat infeksi #jamur? Kan nistatin obat jamur. Bener nggak sih?

Selamat Merokok!

Demam lebih dari 3 hari harus diperiksakan ke laboratorium?