Sunday, September 29, 2019

Apakah pemberian #probiotik bermanfaat untuk mengobati dermatitis atopi alias eczema?

Beberapa orangtua yang saya temui di ruang praktik menceritakan bahwa mereka menggunakan salah satu merek probiotik (saya nggak sebut namanya ya. Tapi beberapa yang merespon IGS saya benar menebaknya 😁Apa artinya? Yang pakai banyak juga ya. Kaget juga saya 😅), sebagai salah satu terapi dermatitis atopi anak mereka. Saya jadi penasaran. Benarkah demikian? Adakah bukti bukti ilmiah yang mendukungnya? Seperti yang sudah saya jelaskan di buku #BertemanDenganDemam, penanganan eczema meliputi pengenalan pencetus, dan pemberian terapi yang meliputi pelembap, steroid, dan antihistamin jika diperlukan.

Kali ini saya tidak membahas apa itu dermatitis atopi, penyebab dan terapi secara detil (silakan baca-baca sendiri ya. Di buku saya juga ada). Tapi hanya menjawab pertanyaan di atas. Daaannn... seperti yang Anda bisa baca di beberapa jurnal yang saya sertakan screenshot-nya di feed ini: BELUM ada bukti ilmiah yang cukup kuat, yang mendukung perlunya pemberian probiotik pada dermatitis atopi.
Saya menampilkan sumber dari @cochraneorg yang dianggap seperti “shahih Bukhari-Muslim” dalam ilmu kedokteran berbasis bukti (EBM) (maafkan kalau analogi saya tidak tepat, hanya berusaha menyederhanakan), karena menampilkan meta-analisis, yang merupakan level tertinggi dalam #evidencebasedmedicine. Begitu juga jurnal dari Frontiers in Microbiology yang menampilkan systematic review, yang kesimpulannya juga serupa. Gambar terakhir juga mencoba menjelaskan dengan lebih mudah.

Maka, sudah jelas ya kesimpulannya 😉











1 comment:

Ayu Rizka said...

Dokter, kalo ada bercak putih di alis dan batang hidung bagaimana dok cara menghilangkannya?

Vitamin Penambah Nafsu Makan

“Dok, anak saya susah makan. Ada vitamin penambah nafsu makan buat anak saya?” Ini adalah pertanyaan yang (sejujurnya) saya hindari. Kenapa?...