Wednesday, November 12, 2014

Tanya jawab seputar pemberian obat penurun panas (antipiretik)

1. Benarkah antipiretik diberikan bila suhu badan anak di atas 38 derajat selsius?
Ya, obat pereda demam atau antipiretik semacam parasetamol dapat diberikan ketika anak demam, yaitu suhunya di atas 38. Tetapi banyak ahli bersepakat saat ini pemberian antipiretik sebenarnya lebih bertujuan untuk membuat anak merasa nyaman (tidak rewel), bukan segera menurunkan suhu badan. Artinya: katakanlah suhu anak 39 derajat selsius, tetapi masih bisa bermain dan berjalan-jalan, tidak rewel, maka tidak perlu buru-buru memberikan antipiretik. Toh demam diciptakan untuk memerangi infeksi agar cepat sembuh.

2. Bukankah bila tidak segera diberikan antipiretik, anak akan berisiko mengalami kejang demam?
Untungnya tidak. Tidak ada hubungan antara tingginya suhu tubuh dengan risiko kejang demam. Kejang demam (KD) hanya dialami oleh mereka yg memiliki "bakat" untuk terjadi KD. Bila tidak punya "bakat", suhu di atas 40 derajat selsius pun tidak menjadi KD. Lagipula, kejang demam (bukan meningitis/ensefalitis ya) tidak merusak otak.
Fakta lainnya adalah: antipiretik tidak dapat mencegah terjadinya KD pd mereka yg mempunyai bakat.

3. Bagaimana bila anak tidak mau minum antipiretik saat demam? Haruskah kita memaksanya?
Wah, hal yg serupa ternyata juga terjadi pada anak-anak saya. Jika dipaksa minum, malah dimuntahkan. Lalu ia menangis karena kesal. Terjadilah perang kecil. Hehe. Buat saya, filosofi anak menolak minum obat penurun panas adalah: ia menolak (tanpa disadarinya) tubuhnya segera dinyamankan dengan minum obat. Meskipun seringkali juga antipiretik tidak berhasil menurunkan suhu dan menyamankan anak. Toh, tanpa diberikan antipiretik apapun, tubuh akan menurunkan sendiri suhu tubuhnya. Kita memiliki termostat di hipotalamus yg mengatur suhu tubuh tidak " bablas" ketinggian. Pada suhu maksimal tertentu, tubuh akan menurunkan sendiri demamnya.
Yah...akhirnya selama demam dan ia tidak nyaman plus tidak mau minum obat, kita nyamankan dengan cara menggendongnya, memeluknya, membacakannya cerita, dan memastikan cukup minum. Karena yg dikhawatirkan pd demam sesungguhnya adalah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) karena terbuang oleh panas.


4. Benarkah pemberian antipiretik dari dubur dibolehkan, apabila anak tidak mau minum obat? Dan benarkah pemberian antipiretik supositoria ini lebih cepat meredakan demam?
Inilah yg namanya FEVER PHOBIA! Takut ya sama demam? Hehe.
Seingat saya, penelitian menunjukkan pemberian antipiretik lewat dubur (supositoria) tidak lebih efektif dibandingkan dengan obat minum dalam meredakan demam. Selain itu, kebanyakan anak tidak suka dan mengalami trauma psikologis bila diberikan obat lewat dubur. Lalu kapan obat seperti ini dapat diberikan? Misalnya pd anak-anak dengan hiperpireksia yg dirawat di RS, dengan kecurigaan infeksi susunan saraf pusat, dan/atau ada kontraindikasi pemberian obat minum, padahal tingginya suhu harus diatasi.


5. Saat anak saya tidur, saya meraba dahinya panas sekali. Lalu saya ukur suhunya 40°C! Bolehkah saya membangunkannya supaya dia minum obat? Atau saya masukkan obat dr dubur saja? Saya takut anak saya kejng saat tidur...
Sudah kita bahas alasan-alasan sebelumnya ya  Anak yg sedang demam karena sakit cenderung kurang istirahat karena tidak nyaman badannya. Maka ketika ia sedang tidur, jangan dibangunkan hanya "sekedar" untuk memaksanya minum obat. Biarkan ia beristirahat. Toh artinya ia sedang tidak rewel juga kan.

6. Benarkah pemberian ibuprofen lebih baik dlm meredakan demam dibandingkan dengan parasetamol?
Ternyata tidak juga. Malah ibuprofen lebih cenderung memberikan efek samping mengiritasi lambung. Parasetamol juga bukannya tanpa risiko. Pemberian yg overdosis dapat merusak hati (liver).

7. Benarkah dosis obat parasetamol diberikan sesuai usia yg tertera di kemasan obat?
Ternyata seharusnya tidak seperti ini! Dosis obat, termasuk parasetamol, diberikan sesuai berat badan, bukan usia. Bisa saja seorang anak mengalami overweight atau sebaliknya underweight, sehingga beratnya tidak sama dengan anak-anak sebayanya. Bisa saja obat yg diberikan malah underdosis atau bahkan overdosis. Sepatutnya orangtua tahu cara menghitung dosis obat secara sederhana, misalnya saja dosis parasetamol adalah 10 sampai 15 miligram per kilogram berat badan per kali pemberian. Lalu tinggal dikonversi kepada mililiter yg berlaku di sediaan obat.
Semoga bermanfaat.

13 comments:

Unknown said...

Thx u infonya pak dokter,kebetulan anak2 saya susah minum obat. Sekarang bisa tenang membaca artikel ini..

Unknown said...

Makasih dr ilmunya . . Saudara saya ada yang fever phobia . . Demam sedikit langsung di kasih obat . . Malah yang kayanya panasnya 38 lebih mungkin tapi emang rewel anaknya langsung d masukin obat yang lewat anus itu dr . . Aku suka kasian sama anaknya . .

Unknown said...

Wah klo saya tuh termasuk fever phobia dok. Karena ank saya sempet KD 2 minggu lalu. Panas nya 40°. Karena Obat nya selalu dimuntahkan. Akhirnya sama dokter dirujuk opname saja. Saya sampe mencari berbagai cara utk memasukan obat k dlm mulutnya. Tp malah takut trauma. Klo emang KD adalah bakat, lntas bagaimana mngatasinya bila si kecil panas dok? Mksh

Unknown said...

Dok kalau anak sy sedang pengobatan TB selama 6 bulan lalu demam dari kemarin apakah boleh diberikan obat lewat dubur??

Unknown said...

Dok kalau anak sy sedang pengobatan TB selama 6 bulan lalu demam dari kemarin apakah boleh diberikan obat lewat dubur??

Unknown said...

Dok kalau anak saya lg sakit TB lagi mengalami pengobatan selama 6 bulan dan terkena demam dari kemarin apakah boleh diberikan obat melalui dubur?

Unknown said...

Dok kalau anak saya lg sakit TB lagi mengalami pengobatan selama 6 bulan dan terkena demam dari kemarin apakah boleh diberikan obat melalui dubur?

Unknown said...

Sebagai emak..tetep aja parno kalau anak demam. Artikel dokter membantu meringankan keparno 'an saya 😊

Dhea Arway Make Up Artist said...

Sy mau tny dok.. Kalo memang demam diciptakan untuk memerangi infeksi agar cepat sembuh.Kenapa ada kasus bayi yg meninggal karena demam dok? Mohon penjelasannya.. Terima kasih

Unknown said...

Dok saya mau bertanya apakah proris supp(obat demam dari dubur) ada tanggal kadaluarsa nya? Mohon djwab

Nisa said...

Dok mamaku salah memberikan obat dubur ke anak saya.. Malah yg dikasih obat minum penurun panas.. Efek samping nya apa yaa?..

Unknown said...

Dok anak sy pernah kejang tnp demam atau panas tinggi,skrg masih proses pengobatan rutin selama 2 tahun terdiagnosa epilepsi,nah skrg anak sy td muntah2 spt masuk angin terus skrg suhu badannya 38 derajat,ap boleh di beri obat dr dubur,Krn klo sy kasih obat lewat mulut takutnya muntah lagi
Mohon jawabnya dok..terima kasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum ... Mau nanya .. anak saya berumur 2 THN 3 bln .. anak saya panas slama 2 hari .. dan saya kasih proris slma 2 hari ini .. aku mau nanya .. boleh gak kalo aku pindah ke Paracetamol atau proris .. terimakasih

Vitamin Penambah Nafsu Makan

“Dok, anak saya susah makan. Ada vitamin penambah nafsu makan buat anak saya?” Ini adalah pertanyaan yang (sejujurnya) saya hindari. Kenapa?...