Saturday, May 16, 2015

How I practice

Sebagai seorang tenaga medis yg memiliki praktik mandiri, saya menyediakan layanan kesehatan sesuai spesialisasi yg dimiliki. Tak terkecuali layanan imunisasi. Memang saya tidak mem-"posting" daftar harga vaksin yg kami sediakan. Karena buat kami, layanan kesehatan spesialis anak adalah layanan integral: mencakup penegakan diagnosis dan terapi anak sakit, penilaian pertumbuhan dan perkembangan, nutrisi sejak lahir, dan kelengkapan imunisasi. Maka kalaupun kami "jualan", yg kami jual adalah layanan kesehatannya. Bukan "jualan" spesifik produk tertentu, misal produk vaksin, atau suplementasi zat besi, sebagai contoh.
Sekalipun harga produk vaksin yg kami jual sama murahnya, bahkan lebih murah dibandingkan tempat lain, tetap saja kami memilih untuk tidak mem-posting hal ini. Biarlah konsumen kesehatan sendiri yg menilainya.
Maka tidak heran banyak orangtua yg memang memilih untuk mendatangi bila ingin berkonsultasi panjang lebar kondisi anaknya. Tapi untuk hal imunisasi, silakan. Posyandu dan Puskesmas pun menyediakan vaksin dengan kualitas yg baik.
Seandainya ini bisa dianggap sebagai suatu bentuk idealisme, maka inilah yg kami pilih.

No comments:

Vitamin Penambah Nafsu Makan

“Dok, anak saya susah makan. Ada vitamin penambah nafsu makan buat anak saya?” Ini adalah pertanyaan yang (sejujurnya) saya hindari. Kenapa?...